20/09/2022

Meretas Perdamaian dari Bumi Khatulistiwa

Aliansi Indonesia Damai- Beberapa waktu silam, AIDA melaksanakan safari perdamaian di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Kegiatan tersebut melibatkan dua orang mantan pelaku terorisme dan sejumlah penyintas terorisme. Sebagian dari mereka belum saling mengenal satu sama lain sebelumnya. Melalui proses yang cermat, kedua belah pihak tersebut lantas bahu-membahu mengampanyekan perdamaian di lima sekolah di daerah yang dilintasi garis khatulistiwa itu pada 19-26 Agustus 2022.

Safari perdamaian tak melulu diisi dengan kegiatan formal. Di sela-sela kegiatan, AIDA mengajak mantan pelaku terorisme dan penyintas terorisme yang telah tergabung sebagai Tim Perdamaian mengunjungi obyek-obyek wisata di Pontianak. Kunjungan yang tak sekadar mengisi waktu luang, lebih dari itu sebagai ikhtiar membangun silaturahmi yang erat antara kedua belah pihak tersebut.

Foto bersama Tim AIDA dengan mantan pelaku terorisme dan penyintas terorisme saat berada di Bandara Internasional Supadio, Pontianak, Kalbar, Kamis (18/08/22).
Tim Perdamaian AIDA saat berada kawasan Tugu Khatulistiwa, Pontianak, Kalbar, Sabtu (20/08/22).
Potret keakraban Tim Perdamaian usai sesi capacity building di Pontianak, Kalbar, Minggu (21/08/22). Sesi ini bertujuan melatih dan menguatkan kecakapan dalam mengampanyekan perdamaian kepada khalayak luas.
Suasana akrab dan kompak Tim Perdamaian saat berada tepi sungai Kapuas, Pontianak, Kalbar, Selasa (23/08/2022). Kostum serba hitam dikenakan masing-masing tanpa ada janjian sebelumnya.
Tim Perdamaian berpose di tangga Rumah Radakng, Pontianak, Kalbar, Rabu (24/08/2022). Bangunan ini merupakan rumah panjang yang menjadi rumah adat suku Dayak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *