3 weeks ago

Harapan Korban pada Petugas Lapas

Aliansi Indonesia Damai- AIDA menggelar “Pelatihan Penguatan Perspektif Korban Terorisme bagi Petugas Pemasyarakatan” pada Selasa-Kamis (03-05/11/2020). Pada hari pertama, kegiatan yang digelar secara daring itu menghadirkan I Ketut Suartana (Korban Bom Bali 2005) dan Anggun Kartikasari (Korban Bom Thamrin 2016). Keduanya berbagi kisah dinamika hidup menjadi korban terorisme kepada 30-an petugas Lapas.

Ketut, sapaan akrab I Ketut Suartana, terkena ledakan bom saat sedang bekerja di Menega Café, Jimbaran, Bali. Akibat ledakan tersebut, gendang telinganya robek, bahkan sampai saat ini masih ada serpihan material bom yang tertinggal dalam tuhuhnya. Dengan berbagi kisah, Ketut berharap tak ada lagi orang yang bernasib sama dengan dirinya.

Baca juga Direktur Pemasyarakatan Dorong Penguatan Kapasitas Petugas Lapas

“Untuk para petugas Lapas, saya berharap bisa meng-handle para mantan teroris agar menjadi orang-orang yang baik seperti sediakala. Saya yakin dengan kecakapan mereka, mereka semua bisa melakukan yang terbaik demi kelangsungan hidup yang lebih damai,” ujarnya.

Sementara Anggun terkena bom saat ia dan adik sepupunya tengah melintas di Jalan MH Thamrin Jakarta untuk mencari pekerjaan. Akibat ledakan itu, sepupu Anggun meninggal dunia, sementara dia sendiri mengalami luka serius pada bagian kakinya. Selama berbulan-bulan, Anggun terpaksa menggunakan kursi roda. Hingga saat ini kakinya tak bisa berfungsi normal seperti sebelumnya.

Baca juga Dirjen Pemasyarakatan: Sinergi Korban, Pamong, dan Mantan Napiter

Anggun tak ingin kejadian yang menimpa dirinya terulang kembali. Sebagaimana Ketut, ia juga berpesan kepada petugas lapas agar dapat membina narapidana terorisme dengan baik.

“Harus lebih sabar dalam membina dan memotivasi narapidana agar tidak mengulangi perbuatannya. Karena perbuatannya sudah membuat kerugian yang sangat besar bagi orang lain. Mungkin perlu pembinaan secara mental juga,” ujar perempuan asal Kendal Jawa Tengah ini. [LADW]

Baca juga Kemenkumham Beri Penghargaan Kepada AIDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *