06/03/2021

Dekan FISIP Unsoed: Terorisme Tantangan Bersama

Aliansi Indonesia Damai- Ideologi dan gerakan terorisme merupakan salah satu tantangan berat dalam upaya membangun perdamaian di Indonesia. Terorisme bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Karena itu harus ada kewaspadaan bersama terhadapnya.

Demikian disampaikan Dekan FISIP Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jarot Santoso, M.S, saat memberi sambutan dalam seminar sehari “Halaqah Perdamaian, Belajar dari Kisah Korban dan Mantan Pelaku Terorisme” yang digelar AIDA akhir Februari lalu.

Baca juga Berjemaah Membangun Damai

Menurut Jarot, di tengah musibah pandemi sekalipun, ancaman terorisme masih terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. ”Selama satu tahun pandemi ini, beberapa kali kita melihat dan menyaksikan penangkapan teroris yang dilakukan oleh aparat keamanan. Ini adalah sinyal untuk terus waspada,” ucapnya.

Dalam hematnya, terorisme selalu ada di setiap masa dan tempat dengan beragam motifnya. Dalam studi akademis, gerakan terorisme bisa muncul dari motif politik, ekonomi sampai ketidakadilan yang direspons dengan ketidakadilan yang lain. “Pertama didasarkan atas corak pemikiran ketidakpuasan terhadap jalannya sistem negara di mana mereka tinggal. Namun ada juga yang melihat dari sisi ketidakadilan,” katanya.

Baca juga Menumbuhkan Semangat Persaudaraan

Para pelaku terorisme ditengarai tidak memikirkan dampak destruktif yang harus dialami para korbannya. Mereka tidak menyadari bahwa aksinya hanya akan menimbulkan banyak korban yang tak bersalah. Dalam konteks inilah terorisme menjadi ancaman bagi setiap orang.

Selain itu, pelaku terorisme acapkali mengklaim sistem yang berlaku di sebuah negara sebagai sistem kufur yang harus dilawan melalui gerakan jihad. Pun berpandangan bahwa setiap umat agama lain boleh diserang. Hal itu tampak dalam sejumlah serangan terorisme di Indonesia yang menyasar umat agama lain. [FS]

Baca juga Saatnya Mayoritas Menyuarakan Perdamaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *