28/02/2024

Kepala SMAN 1 Setu: “Perdamaian Jangan Hanya Jargon!”

AIDA melaksanakan kegiatan kampanye damai bertajuk “Dialog Interaktif: Belajar Bersama Menjadi Generasi Tangguh” di SMAN 1 Setu, Kabupaten Bekasi pada awal Februari lalu. Sri Anarusi, selaku kepala sekolah menyambut baik kegiatan ini.

“Kami sangat bersyukur AIDA datang di sini untuk mengingatkan dengan narasumber yang mempunyai pengalaman dari betapa pahitnya jika perdamaian itu tidak terwujud,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Baca juga “Siswi SMAN 1 Tawangsari Sukoharjo: Perdamaian Dimulai dari Diri Sendiri”

Dalam kegiatan ini AIDA menghadirkan narasumber yang terdiri dari unsur korban terorisme dan mantan pelaku terorisme yang sudah bersatu dalam Tim Perdamaian AIDA. Menurut Sri, kegiatan AIDA penting dilakukan karena  menanamkan pemahaman positif kepada generasi muda yang memiliki banyak energi untuk berkembang.

Lebih lanjut, Sri mengatakan energi berlebih pada generasi muda mesti disalurkan kepada hal-hal yang mendukung perdamaian sehingga bisa menghindarkan dari tawuran dan aksi-aksi kekerasan. Ia berharap dengan energi generasi muda disalurkan pada perdamaian, ke depannya tidak ada lagi perselisihan paham karena agama, gara-gara suku, ras, dan hal-hal yang lainnya.

Dalam hemat Sri, damai pasti diinginkan semua manusia. Damai, lanjutnya, juga sangat mudah diucapkan dalam jargon maupun kata, tapi sangat sulit untuk dilaksanakan.

“Jangan hanya diucapkan, jangan hanya jadi jargon! Tapi, mari kita wujudkan mulai dari diri kita sendiri, dari lingkungan kecil kita, dari keluarga dan lingkungan sekolah,” tegasnya.

Baca juga “Tangguh Menyikapi Masalah

Sebagai pungkasan, ia mengajak anak-anak didiknya agar berhati-hati dengan ajakan yang mengarah pada kekerasan. Ia pun berharap menjadi generasi penyebar semangat damai di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. “Mudah-mudahan generasi muda Indonesia termasuk dari SMAN 1 Setu ini menjadi generasi tangguh, tidak akan bisa diprovokasi atas nama apa pun untuk memecah belah bangsa,” ungkapnya. [MSH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *