09/02/2023

Damai Itu Indah

Aliansi Indonesia Damai- “Damai itu indah, kita bisa belajar tenang dan sebagainya. Bayangkan di negara-negara lain yang konflik! Pasti hidupnya tidak akan nyaman. Jangankan belajar, keluar rumah pun tidak nyaman. Itu yang jadi perhatian kita.”

Pernyataan itu disampaikan oleh Raden Ihsan Purnama, Kepala MA Al-Adzkar Cirebon, Jawa Barat, saat membuka kegiatan ”Diskusi Interaktif: Belajar Bersama Menjadi Generasi Tangguh” yang dilaksanakan AIDA di sekolah tersebut pada Selasa (31/1/2023).

Baca juga Kepala SMKN 1 Kota Cirebon: Jagalah Negeri Polychromatic Ini

Raden menegaskan, hidup damai terasa sangat indah. Maka sangat penting memastikan mindset itu tertanam pada semua orang, khususnya generasi remaja. ”Bagaimana kita menghadapi masa-masa yang akan datang, terutama bagaimana menciptakan Indonesia damai sehingga kalian bisa belajar dengan nyaman dan seterusnya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa lembaga yang dipimpinnya saat ini memiliki beberapa kesamaan dengan AIDA. ”Tadi saya dengar AIDA ini berdiri tahun 2013, MA Al-Adzkar pun sama 2013. Kesamaan yang kedua adalah antara AIDA dan kami sama-sama membawa misi kemanusiaan,” katanya.

Baca juga Menjadi Generasi Muslih

Diterangkan Raden, lembaganya tidak memungut biaya kepada orang tua siswa, termasuk bagi siswa yang tinggal di asrama(boarding school).

Pada kesempatan itu, tim AIDA menghadirkan kisah-kisah ketangguhan para korban terorisme dan mantan pelakunya yang telah insaf. Para penyintas terorisme mampu memaafkan para pelaku dan melanjutkan hidup secara normal, sementara mantan pelaku terorisme yang telah bertobat kini berkomitmen mengampanyekan perdamaian. [MLM/VLD]

Baca juga Kesepahaman untuk Perdamaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *