04/04/2023

Newsletter Suara Perdamaian Edisi XXVII – Januari 2021

Suara Perdamaian Edisi XXVII terbit mengabarkan perkembangan program pembangunan perdamaian yang melibatkan penyintas dan mantan pelaku terorisme sepanjang Oktober-Desember 2020.

Acara daring Kongres Nasional Pemuda untuk Perdamaian Indonesia dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda menjadi laporan utama. Sebanyak 135 siswa dari berbagai daerah di Tanah Air mengucapkan ikrar untuk menjaga perdamaian.

Edisi ini juga menyuguhkan laporan Dialog Interaktif Virtual “Belajar Bersama Menjadi Generasi Tangguh” di dua wilayah, Bandar Lampung dan Klaten. Kegiatan daring tersebut diikuti kurang lebih 500 siswa SMA atau sederajat dari 10 sekolah. Diharapkan para siswa menyerap ketangguhan dari penyintas dan mantan pelaku yang berbagi kisah dalam kegiatan.

Pelatihan Pembangunan Perdamaian di Kalangan Tokoh Agama yang diselenggarakan secara daring pada akhir Oktober juga dilaporkan. Kegiatan diikuti oleh 39 alumni Halaqah Alim Ulama yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Kajian Daring “Bedah Buku La Tay`as: Ibroh dari Kehidupan Teroris & Korbannya” sebagai tindak lanjut dari Pelatihan Tokoh Agama, juga disajikan. Para alumni Pelatihan didorong menularkan pembelajaran yang didapatkan kepada jemaahnya dalam forum Kajian Daring tersebut.

Laporan Pelatihan Penguatan Perspektif Korban bagi Petugas Pemasyarakatan juga menjadi kabar utama edisi ini.

Acara Short Course Daring Penguatan Perspektif Korban dalam Peliputan Isu Terorisme turut dilaporkan. Sebanyak 46 jurnalis dari 44 media massa baik cetak maupun elektronik di seluruh penjuru Indonesia berpartisipasi aktif dalam kegiatan.

Sebuah puisi karya Anggun Kartika, korban Bom Thamrin 2016, menambah warna dan rasa Edisi XXVII ini.

Suara Perdamaian dipungkasi dengan rubrik Wawancara dengan Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab.

Newsletter-Edisi-XXVII-Januari-2021_compressed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *