04/04/2023

Newsletter Suara Perdamaian Edisi XXIX – Juli 2021

Salam Redaksi

Pembaca yang budiman, salam damai! Suara Perdamaian Edisi XXIX telah terbit, melaporkan berbagai kegiatan kampanye perdamaian secara daring yang melibatkan penyintas dan mantan pelaku terorisme dalam rentang April-Juli 2021.

Laporan kegiatan diskusi kelompok terarah (FGD) Implementasi Pemenuhan Hak-hak Korban Terorisme Pasca-PP No. 35 Tahun 2020 disajikan terdepan dalam keluaran ini. Hadir dalam FGD sejumlah perwakilan dari kementerian/lembaga, paguyuban penyintas terorisme, serta organisasi masyarakat sipil yang concern dengan isu ini.

Sebuah tulisan karya Yuni Arsih (korban Bom Kuningan 2004) yang menggambarkan perjuangannya melampaui berbagai tantangan hidup, dimuat di halaman ketiga.

Suguhan berikutnya adalah laporan safari kampanye perdamaian AIDA di tujuh kampus di wilayah Purwokerto dan sekitarnya. Di tiap-tiap kampus diselenggarakan acara Diskusi & Bedah Buku La Tay`as: Ibroh dari Kehidupan Teroris & Korbannya yang dikelola oleh para mahasiswa alumni kegiatan AIDA. Safari kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Seminar Sehari: Halaqah Perdamaian, Belajar dari Kisah Korban dan Mantan Pelaku Terorisme serta Pelatihan Pembangunan Perdamaian di Kalangan Mahasiswa yang diadakan sebelumnya.

Edisi XXIX turut memuat laporan Short Course Penguatan Perspektif Korban dalam Peliputan Isu Terorisme yang diikuti 49 pewarta dari 40 media massa lokal dan nasional di wilayah Sulawesi.

Wawancara redaksi dengan konselor Yayasan Pulih, Nirmala Ika Kusumaningrum, tentang serba-serbi pendampingan psikologis korban terorisme memungkasi Suara Perdamaian.

Terakhir, redaksi mengajak kepada pembaca sekalian untuk disiplin menjaga kesehatan diri serta selalu mematuhi protokol kesehatan pemerintah. Salam damai, salam sehat!

Newsletter-Edisi-XXIX-Juli-2021_compressed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *