Newsletter S
Home Publikasi Newsletter Newsletter Suara Perdamaian Edisi XXII – Oktober 2019
Newsletter - 5 days ago

Newsletter Suara Perdamaian Edisi XXII – Oktober 2019

Salam damai, Indonesia! Suara Perdamaian Edisi XXII terbit untuk mengabarkan perkembangan usaha membangun perdamaian di Tanah Air, yang melibatkan korban dan mantan pelaku terorisme, selama Juli-September 2019.

Laporan acara Halaqah Alim Ulama: Menguatkan Ukhuwah Melalui Pendekatan Ibroh di Surakarta adalah suguhan utama edisi ini. Ratusan tokoh muslim se-Solo Raya yang mengikuti kegiatan diharapkan bisa menggiatkan dakwah guna mempererat persaudaraan bangsa, serta melestarikan kedamaian. Pendiri Gerakan Suluh Kebangsaan, Prof. Dr. Mahfud MD, menjadi pembicara utama acara ini.

Safari kegiatan Dialog Interaktif “Belajar Bersama Menjadi Generasi Tangguh” di lima sekolah di Probolinggo juga dilaporkan. Para siswa peserta kegiatan diajak untuk meningkatkan ketangguhan di tengah banyaknya tantangan kehidupan.

Kegiatan serupa juga dihelat di Indramayu. AIDA menyelenggarakan Dialog Interaktif “Belajar Bersama Menjadi Generasi Tangguh” di lima sekolah. Safari kegiatan di kabupaten penghasil mangga itu didukung oleh Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud.

Laporan Short Course Penguatan Perspektif Korban dalam Peliputan Isu Terorisme melengkapi edisi ini. Sebanyak 38 wartawan dari 33 media mengikuti kegiatan secara aktif. Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kepekaan perspektif korban dalam pemberitaan isu terorisme.

Edisi XXII Suara Perdamaian juga memuat laporan Pelatihan Penguatan Perspektif Korban Terorisme bagi Petugas Pemasyarakatan yang diselenggarakan di Depok, Jawa Barat. Sebanyak 23 petugas dari sejumlah lembaga pemasyarakatan (Lapas) di wilayah Jawa hadir sebagai peserta aktif kegiatan tersebut.

Di kota yang sama, diselenggarakan pula Pelatihan Tingkat Lanjut Penguatan Perspektif Korban Terorisme bagi Petugas Pemasyarakatan. Berbeda dari sebelumnya, kegiatan ini menghadirkan para alumni dari pelatihan-pelatihan yang telah diselenggarakan AIDA sejak 2016. Berita penyerahan piagam penghargaan dari Kemenkumham kepada AIDA juga dilaporkan.

Sebuah tulisan karya Desmonda Paramartha, korban Bom Surabaya 2018, tentang motivasinya untuk bangkit memperkaya edisi ini.
Sebagai pungkasan, edisi ini memuat wawancara dengan Dirjen Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, seputar tantangan dalam membangun perdamaian di Lapas.

Newsletter-Edisi-XXII-Oktober-2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *