3 weeks ago

Aisyiyah Banyumas Dukung Pertobatan Mantan Teroris

Aliansi Indonesia Damai- Ketua Umum Pimpinan Daerah Aisyiyah Banyumas, Zakiyah, mengajak masyarakat untuk mendukung pertobatan mantan pelaku terorisme. Menurut Zakiyah, dukungan tokoh agama dan masyarakat sangat penting untuk turut menciptakan perdamaian di lingkungan masyarakat.

“Memang ini berat, namun menurut saya, para mantan teroris ini perlu kita support, kita semangati. Kita semua harus bisa menerima dengan tangan terbuka,” kata Zakiyah dalam acara bedah buku La Tay’as: Ibroh dari Kehidupan Teroris dan Korbannya, yang digelar AIDA secara daring bersama PD Aisyiyah Banyumas, akhir Desember 2020. Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah narasumber, antara lain mantan pelaku terorisme Choirul Ihwan.

Baca juga Dukungan Pertobatan Mantan Teroris

Di hadapan puluhan kader Aisyiyah Banyumas yang bergabung secara daring, Zakiyah mengatakan, bukan satu hal yang mudah memahamkan masyarakat untuk menerima kembali pelaku terorisme yang telah insaf. Kendati demikian, keterlibatan tokoh agama dan masyarakat dalam mendampingi pertobatan mantan pelaku akan turut memberi andil bagi terciptanya perdamaian di Indonesia.

Namun dalam hematnya, mantan pelaku juga harus menjaga komitmennya. Tidak cukup pertobatan itu hanya sampai pada tahap lisan. Mereka yang telah insaf juga harus berbaur dengan masyarakat dan menunjukkan bahwa dirinya betul-betul telah insaf.

Baca juga Perjumpaan Aktivis Aisyiyah dengan Penyintas Bom Bali

“Pihak mantan teroris harus bisa berbaur dengan masyarakat. Menunjukkan bahwa walaupun dulu teroris, tetapi sekarang sudah menyadari kesalahannya. Sehingga masyarakat tidak berhak untuk mengucilkannya,” ungkap pengajar Universitas Muhammadiyah Purwokerto itu.

Menyikapi pertanyaan salah seorang peserta yang masih meragukan pertobatan mantan teroris, Zakiyah mengajaknya untuk belajar dari sifat kasih sayang Allah SWT. “Allah Mahapengampun, maka kita juga harus bisa memaafkan orang-orang yang sudah sadar akan kesalahannya,” katanya menegaskan. [AH]

Baca juga Aktivis Aisyiyah Pejuang Pendidikan Damai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *