08/01/2021

Newsletter Suara Perdamaian Edisi XXIII – Januari 2020

Pembaca budiman, selamat tahun baru 2020! Semoga kedamaian terus lestari di mana pun! Dengan semangat baru Suara Perdamaian Edisi XXIII hadir menyapa pembaca sekalian.

Laporan utama edisi ini adalah acara Pelatihan Tingkat Lanjut Tim Perdamaian AIDA yang diselenggarakan di Bogor akhir September lalu. Kegiatan yang diikuti 23 penyintas 4 orang mantan pelaku, dan seorang eks-returnee ISIS yang telah berekonsiliasi itu bertujuan untuk menguatkan silaturahmi dan sinergitas di antara para duta perdamaian AIDA.

Safari kegiatan Dialog Interaktif “Belajar Bersama Menjadi Generasi Tangguh” di tiga kota, yaitu Surakarta, Indramayu, dan Blitar, juga dilaporkan. Di setiap wilayah tersebut, AIDA menyelenggarakan Dialog Interaktif di lima sekolah. Lebih dari 750 siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Khusus dalam penyelenggaraan kegiatan di Surakarta, AIDA didukung oleh Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud RI.

Sebuah tulisan karya Nyoman Rencini, korban Bom Bali 2002 yang menceritakan semangat hidupnya memperkaya edisi ini.

Acara Pelatihan Tim Perdamaian di Cirebon yang dihelat pada pertengahan Oktober 2019 tersaji di halaman 4 edisi ini. Lima penyintas aksi teror serta seorang mantan pelaku sukses menjalin rekonsiliasi dalam kegiatan.

Laporan Short Course Penguatan Perspektif Korban dalam Peliputan Isu Terorisme di Surakarta melengkapi edisi ini. Sebanyak 27 jurnalis dari 26 media menjadi peserta aktif. AIDA mendorong agar media menyuarakan pemenuhan hak-hak korban secara adil.

Edisi XXIII Suara Perdamaian juga memuat laporan Pelatihan Pembangunan Perdamaian di Kalangan Tokoh Agama di Surakarta. Kegiatan diikuti 30 pegiat dakwah di wilayah Solo Raya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari acara Halaqah Alim Ulama: Menguatkan Ukhuwah Melalui Pendekatan Ibroh yang diselenggarakan pada akhir Agustus 2019. Para alumni Pelatihan kemudian didorong untuk menyelenggarakan diskusi di komunitas masing-masing, guna menyebarluaskan pesan perdamaian.

Pungkasan Edisi XXIII Suara Perdamaian adalah petikan wawancara dengan Prof. Dr. Mahfud MD, pendiri Gerakan Suluh Kebangsaan. Wawancara dengan mantan anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu dilakukan sebelum beliau diamanati menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Selamat membaca!

Newsletter-Edisi-XXIII-Januari-2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *