17/05/2023

Membangun Karakter Anti-Perundungan

Aliansi indonesia Damai- Kepala SMK Presiden Cirebon, Ichwanuddin, menyambut baik kegiatan “Diskusi Interaktif: Belajar Bersama Menjadi Generasi Tangguh” yang digelar AIDA  di sekolah yang dipimpinnya, akhir Februari 2023 silam.

Ichwanuddin menuturkan, SMK Presiden merupakan satu di antara lima sekolah di Cirebon yang terpilih dan diberi tanggung jawab untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar, di mana salah satu yang ditekankan adalah materi anti-bullying (perundungan). Ini selaras dengan misi AIDA yang ingin membangun generasi tangguh yang mendukung perdamaian.

Baca juga Menjaga Amanat Pendiri Bangsa, Merawat Perdamaian

“Jangan sampai kebanggaan karena mem-bully itu jadi kebiasaan. Padahal itu sengsara, risikonya ada. Jangan saat temannya di-bully bangga,” katanya dalam sesi pembukaan kegiatan.

Ia mengingatkan bahwa segala bentuk perundungan itu memiliki risiko, termasuk hal-hal yang mungkin dianggap sepele, seperti mencolek atau mencubit lawan jenis maupun sesama jenis. Karena itu bisa masuk kategori pelecehan seksual.

Jenis perundungan lain yang juga sering terjadi terkait ras, suku, dan kelainan fisik. “Nanti kalau ada kawannya yang agak aneh sedikit, misalnya hitam sedikit, padahal belum tentu kalian juga cakep, itu di-bully. Ada yang pendek sedikit, di-bully. Karena kawanmu yang di-bully itu risikonya sakit hati, bahaya,” ujarnya mengingatkan.

Baca juga Damai Itu Indah

Dalam kegiatan ini AIDA mengajak para peserta untuk menyimak kisah ketangguhan para penyintas aksi terorisme serta mantan pelaku ekstremisme kekerasan yang telah bertobat. Para penyintas terorisme berhasil bangkit dari keterpurukan akibat peristiwa terorisme dan berdamai dengan kenyataan.

Sementara mantan pelaku menunjukkan ketangguhan dengan pertobatannya dari jalan kekerasan. Kedua pihak kini bahu-membahu mengampanyekan perdamaian dan semangat ketangguhan kepada generasi muda. [FAH]

Baca juga Kepala SMKN 1 Kota Cirebon: Jagalah Negeri Polychromatic Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *