11/05/2023

Praktik-Praktik Jihad

Jihad sering diidentikkan dengan aksi kekerasan dan tindakan ekstrem. Namun sebenarnya jihad memiliki makna yang lebih luas dan dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Jihad adalah upaya yang serius untuk mewujudkan kemaslahatan bagi diri sendiri dan orang lain.

Banyak kalangan yang tidak tepat dalam memaknai jihad, walhasil salah pula implementasinya sehingga mengakibatkan kemudaratan bagi khalayak luas. Penulis merangkum beberapa praktik jihad yang bisa dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu masih banyak praktik jihad lainnya.

Baca juga Tips Bangkit dari Keterpurukan

1. Jihad dalam pendidikan 

Pendidikan dalam wujud kegiatan belajar dan mengajar merupakan salah satu praktik jihad. Menimba dan menyebarkan ilmu adalah sebuah kewajiban dalam Islam. Agama ini bisa tersebar ke seluruh belahan dunia, salah satunya juga melalui jalur pendidikan.

2. Jihad mencari nafkah

Bekerja adalah salah satu praktik jihad. Bekerja merupakan ikhtiar untuk menjemput rezeki yang halal dari Allah, sebagai bekal hidup untuk diri sendiri maupun keluarga. Setiap muslim yang menjalankan pekerjaan secara baik, dengan cara yang halal, dan penuh tanggung jawab bisa dikatakan sebagai mujahid. Karena pada akhirnya materi yang terkumpul adalah sebagai bekal ibadah kepada Allah.

Baca juga Menghindari Marah kala Puasa

3. Jihad dalam keluarga

Salah satu bentuk jihad dalam keluarga adalah dengan cara membaktikan diri kepada orang tua. Dalam Islam orang tua menempati posisi sangat istimewa. Asal tidak mengarahkan pada kemaksiatan dan keburukan, maka patuhilah kedua orang tua kita. Terlebih lagi nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Berbaktilah kepada ibumu (lebih dahulu) karena sungguh ada surga di bawah kedua telapak kakinya!”

Itulah praktik-praktik jihad sederhana yang dapat kita lakukan dalam keseharian. Jihad tak melulu diimplementasikan dalam bentuk aksi-aksi kekerasan, seperti peperangan. Apalagi dalam bentuk serangan-serangan teror. Karena hal itu justru merugikan diri sendiri dan orang lain. Memahami dan melaksanakan jihad secara kontekstual juga bisa berkontribusi dalam menjaga perdamaian di lingkungan sekitar kita.

Baca juga Tips Ber-Medsos Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *