03/05/2023

Damai dari Juntinyuat

Aliansi Indonesia Damai- Pagi itu Rabu (22/2/2023) gerimis turun menyambut Tim AIDA ketika memasuki pintu gerbang utama SMAN 1 Juntinyuat Indramayu. Mayoritas siswa sedang mengikuti kegiatan belajar di jam pertama.

Selepas jam 8 pagi, calon peserta kegiatan “Diskusi Interaktif: Belajar Bersama Menjadi Generasi Tangguh” mulai mendatangi aula di lantai 2 gedung sekolah tersebut. 80 peserta pun hadir membentuk lingkaran 6 kelompok. Kepala Sekolah dan 2 guru juga ikut mendampingi jalannya kegiatan tersebut.

Baca juga Kepala SMKN 1 Arahan Indramayu: Perdamaian Awal Kebahagiaan

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Juntinyuat, Udin Sudiana Karnadisastra, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak sekolah. “Kegiatan yang dirancang oleh AIDA sangat berarti bagi kami, khususnya generasi muda yang bisa dicetak mulai sekarang menjadi generasi tangguh, dan siap untuk menyebarkan perdamaian.”

Baginya, menjaga dan merawat perdamaian adalah kewajiban kita bersama. Ia berpesan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan sepenuh hati. “Anda beruntung nanti ikut diskusi dan menyaksikan bagaimana kita belajar kira-kira apa yang dilakukan terbaik untuk bekal hidup ke depan,” katanya.

Baca juga Waka Kesiswaan SMKN 1 Krangkeng: Untuk Kedamaian, Hindari 3M!

Lebih jauh ia meminta para peserta kegiatan agar mengamalkan nilai-nilai perdamaian di mana pun mereka berada. “Mudah-mudahan menjadi salah satu titik awal menuju apa yang dicita-citakan kita semua, yaitu kita selalu hidup dalam kondisi perdamaian. Ini nanti diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah maupun di mana saja kita berada. Bagaimana kita bersikap untuk menjaga perdamaian.”

Udin Sudiana baru menjabat dua bulan di sekolah tersebut. Ia mendapatkan amanat untuk memperbaiki dan memajukan sekolah di jalur pantura Jawa Barat tersebut. Ia mengungkapkan, perbaikan harus mencakup aspek kurikulum, proses belajar mengajar, karakter siswa dan guru, serta sarana dan prasarana.

Kegiatan AIDA di SMAN 1 Juntinyuat merupakan bagian dari rangkaian safari perdamaian di Indramayu Jawa Barat pada Februari 2023 lalu. Dari lantai dua sekolah tersebut, terlihat hamparan padi yang mulai menguning di belakang sekolah. Sementara di ujung pandangan mata, nampak tepian pantai utara laut Jawa. Sekolah ini menawarkan keindahan dan kedamaian. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menambahkan semangatnya. [LA]

Baca juga Gawai Seluler Tantangan Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *